DOWNLOAD PDF CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH
FOLDERSOAL.COM - Selamat Pagi..Siang..Malam.. Masih Semangat kan?? Selamat datang di Situs kami yang paling semangat untuk berbagi soal-soal terlengkap di internet. Jangan Lupa untuk memberitahu sahabat-sahabat kalian ya tentang keberadaan situs FOLDERSOAL.COM kalau kalian terbantu dengan artikel yang dimuat pada situs kami. Belum ketemu juga soalnya? Klik icon Pencarian di sebelah kanan atas pada situs ini, ketik disitu ya.. Masih belum ketemu?? tinggalkan komentar untuk request xxx.. kami dengan senang hati menerima referensi soal-soal terbaru. Jangan lupa Berbagi ke Lainnya! Udahan ah intronya xxx
CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH |
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
11. Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ….
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
31. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
51. SMPN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
71. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
91. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
Berikut bentuk Soal lain terkait Contoh Soal Pre Tes PKB (Pengembangan Keprofesian Berkejanjutan) Kepala Sekolah.
1 | Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ... |
a. | Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual, |
b. | Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya, |
c. | Sekolah mengadakan IHT ( In House Traning ) tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya, |
d. | Meningkatkan kegiatan KKG sekolah untuk semua mata pelajaran. |
e. | Mewajibkan setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP |
2. | Agar penerimaan siswa baru pada SDN 2 KAOTAN berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ... |
a. | Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan, |
b. | Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB dilaksanakan |
c. | Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau mediaelektronika, sebelum PSB di laksanakan |
d. | Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yangmerujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan. |
e. | Menyusun dan merencanakan dan mengedarkan melalui media |
3. | Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus UjianNasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik, |
b. | Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkutprestise sekolah, |
c. | Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujiansekolah, |
d. | Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilaiagar siswa tersebut lulus sekolah. |
e. | Mengundang guru tersebut untuk meluluskan siswa |
4. | Kepala SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ... |
a. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, |
b. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, |
c. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewanpendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan, |
d. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, DinasPendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis. |
e. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yangberlaku |
5. | Dewan guru menghendaki pada SDN 2 KAOTAN pada hari sabtu tidak ada kegiatanpembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ..... |
a. | Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada, |
b. | Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakandengan baik dan akuntabel, |
c. | Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur, |
d. | Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa. |
e. | Menyetujui dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik. |
6. | Pada kegiatan supervisi oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamatikhusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ... |
a. | Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi, |
b. | Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihatsemua aspek pada kegiatan pembelajaran, |
c. | Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihatsesuai aspek yang ada pada instrumen, |
d. | Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru. |
e. | Memberi nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki |
7. | Sekolah akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat mengembangkandan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan olehsekolah adalah ... |
a. | Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal, |
b. | Membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal denganpelayanan khusus yang telah dirancang, |
c. | Menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehinggasemua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan khusus, |
d. | Menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapatdiberikan secara optimal. |
e. | Menambah jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan lokal. |
8. | Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusunpedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ... |
a. | RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir, |
b. | KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah, |
c. | RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir, |
d. | KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata TertibSekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah, |
e. | RPP, Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib. |
9. | KTSP SD NEGERI 2 KAOTAN telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten. Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:... |
a. | Memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada, |
b. | Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehinggadiperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya, |
c. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekuranganyang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna, |
d. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dansegera dibenahi kekurangan yang ada. |
e. | Merencanakan penyusunan instrumen KTSP sebagai bahan monitoring untuk di evaluasi. |
10. | Pada ulangan harian pertama kelas IV ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru kelas tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudahmencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolahmelakukan….. |
a. | Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel, |
b. | Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian konsep KTSP |
c. | Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian, |
d. | Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP |
e. | Menasehati kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru |
11. | Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah ..... |
a. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
b. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
c. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya, |
d. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya |
e. | Menetapkan wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya |
12. | Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan...... |
a. | Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan prosespembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
b. | Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif, |
c. | Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
d. | Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut. |
e. | Memberikan edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
13. | Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ... |
a. | Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa |
b. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa |
c. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut. |
d. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak pemangkukepentingan di sekolah tersebut. |
e. | Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel/guru kelas |
14. | Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah ..... |
a. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran |
b. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar |
c. | Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran |
d. | Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar, |
e. | Satu nilai untuk semua mata pelajaran |
15. | Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa, |
b. | Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa |
c. | Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa, |
d. | Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting. |
e. | Mengabulkan permintaan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler. |
16. | Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan, |
b. | Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior, |
c. | Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah, |
d. | Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior. |
e. | Menyusun program kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan. |
17. | Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:... |
a. | Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar, |
b. | Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut |
c. | Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut, |
d. | Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan, |
e. | Membentuk tim dengan bekerjasama dengan guru mapel. |
18. | Visi SD NEGERI 2 KAOTAN adalah sebagai berikut: " Berprestasi, berbudaya, dan ber IPTEK, serta dilandasi IMTAQ " dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah... |
a. | Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
b. | Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
c. | Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
d. | Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
e. | Semua guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
19. | Dari hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SDN 2 KAOTAN akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SDN 2 KAOTAN melakukan....... |
a. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya |
b. | Membentuk TIM untuk menyusun RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah, |
c. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
d. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
e. | Membentuk TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah. |
20. | SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........ |
a. | Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal, |
b. | Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota, |
c. | Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, |
d. | Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal. |
e. | Memerintahkan petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat |
21. | Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran, |
b. | Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal, |
c. | Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media, |
d. | Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal |
e. | Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia. |
22. | Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali? |
a. | tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas. |
b. | mampu beradaptasi dengan perkantoran. |
c. | berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri. |
d. | inovatif, kreatif mengembangkan sekolah. |
e. | educator, manager, supervisior, leader, inovator. |
23. | Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah: |
a. | rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji. |
b. | tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan RAKS. |
c. | pembayaran uang transport pembayarannya ditunda. |
d. | pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan. |
e. | menaikan jumlah SPP |
24. | Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah! |
a. | mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai. |
b. | semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat. |
c. | saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat. |
d. | menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama sama untuk menyelesaikan pekerjaan. |
e. | menyusun visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah |
25. | Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah? |
a. | Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi. |
b. | Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru. |
c. | Menantang siapa pun orangnya yang menekan. |
d. | Wartawan dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas. |
e. | Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku. |
26. | Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah? |
a. | biar saja, asal tidak mengganggu. |
b. | guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah. |
c. | Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam. |
d. | mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah. |
e. | memanggil untuk dibina |
27. | Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan... |
a. | merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung. |
b. | selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur. |
c. | melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat. |
d. | memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan. |
28. | Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan....... |
a. | Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama. |
b. | Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan. |
c. | Keputusan didasarkan pada aturan saja. |
d. | Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya. |
e. | Sebagai pemimpin memiliki kompetensi yang profesional. |
29. | Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya......... |
a. | Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang. |
b. | Guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi. |
c. | Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti, |
d. | Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali. |
e. | Guru tersebut tidak memiliki etika birokrasi |
30. | Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon.... |
a. | maaf, guru tersebut tidak ada. |
b. | sepertinya guru tersebut tidak hadir. |
c. | guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu... |
d. | guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan... |
e. | maaf, apa yang bisa saya bantu |
31. | Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........ |
a. | Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan. |
b. | Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili. |
c. | Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran. |
d. | Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri. |
e. | Diselesaikan dengan BK |
32. | Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........ |
a. | Keuntungan dan kerugian dari kerjasama |
b. | Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak. |
c. | Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak. |
d. | Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak |
e. | Mengikuti etika birokrasi yang berlaku |
33. | Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........ |
a. | selaku pimpinan penentu kesuksesan |
b. | sebagai top leader terdepan dalam kegiatan |
c. | melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan |
d. | melibatkan orang ahli agar juara |
e. | memberikan motivasi |
34. | Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, social dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah....... |
a. | terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah. |
b. | kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa |
c. | partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional |
d. | aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional. |
e. | melibatkan komite sekolah |
35. | Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali...... |
a. | Kepala Sekolah membuka amal bencana. |
b. | Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan. |
c. | Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang. |
d. | Sumbangan spontan bantuan bencana. |
e. | Kepala Sekolah membuat edaran |
36. | Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah……. |
a. | Pribadi |
b. | Sosial |
c. | Manajerial |
d. | Akademis |
e. | Profesional |
37. | Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah......... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Sektoral |
e. | Akademik |
38. | Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Moral |
e. | Profesional |
39. | Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | kewirausahaan |
e. | Akademis |
40. | Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Produktivitas |
c. | Manajerial |
d. | Kewirausahaan |
e. | Sosial |
Masih Belum Menemukan apa yang kalian cari?? Klik Icon Pencarian di sebelah kanan atas website ini.
Jangan lupa Sharing FOLDERSOAL.COM ke teman, sahabat atau keluarga anda untuk informasi mengenai soal apa aja.. atau kalian juga bisa mengirimkan kritik atau saran ataupun request soal-soal yang belum tersedia pada situs ini pada kontak yang telah disediakan pada website ini ya. Jangan Lupa Bahagia!! Good Luck!
Via : http://foldersoal.com/
Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD PDF CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH "
Posting Komentar